RSS

Pages

Surabaya, kota tercinta

Kota Surabaya Mendapat Penghargaan ASEAN



Saya sebagai orang Surabaya asli patut bangga atas prestasi yang diterima oleh Kota Surabaya-ku tercinta ini. Bagaimana tidak ? Surabaya berhasil menambah koleksi penghargaannya lhoo. Baru-baru ini Surabaya mendapat penghargaan mewakili Indonesia dalam tingkat ASEAN. Bersama 9 kota lainnya dari Negara anggota ASEAN, Surabaya mendapat Environmentally Sustainable City (ESC). Oh iya bagi kalian yang belum tahu ESC itu apa. ESC itu semacam adipura tetapi untuk level Asia Tenggara.

Gerakan untuk mewujudkan kota berwawasan lingkungan itu awalnya digagas oleh menteri lingkungan hidup se-ASEAN pada tahun 2003. Misinya ialah mewujudkan udara bersih, air bersih dan kebersihan. Tahun ini ada 320 kota yang mewakili negara-negara anggota ASEAN ikut serta dalam kompetisi tersebut. Penghargaan untuk kota berwawasan lingkungan (ESC Award) pertama kali diadakan pada tahun 2008. Pemkot Surabaya melakukan pesta khusus untuk merayakan penghargaan ini. Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Surabaya membenarkan tentang tingginya peran warga Surabaya dalam mengantarkan kota ini merebut ESC Award 2011.

Selain Surabaya, Kota – kota di Asia Tenggara yang meraih ESC Award 2011 antara lain :
  1.   National Housing Scheme ( Brunei Darussalam ).
2.      2.  Phnom Penh ( Kamboja ).

3.      3.  Xamneau ( Laos ).

4.      4.  Perbadanan Putrajaya ( Malaysia ).

5.      5.  MPyin Oo Lwin ( Myanmar ).

6.      6.  Puerto Princesa ( Filipina ).

7.      7.  South West CDC ( Singapura ).
  8.   Phuket ( Thailand ).
9.      9.  Danang ( Vietnam ).


Selain ESC Award yang merupakan penghargaan yang paling bergengsi, ada penghargaan  untuk bidang khusus ( certificate of recognition ). Itu diberikan kepada enam kota yang dibagi atas 2 kategori untuk 3 indikator. Yaitu, kategori kota besar dan kecil. 3 indikatornya adalah udara bersih, air bersih dan kebersihan. Penilaian ESC Award sendiri didasarkan pada 3 hal itu. Karena itu, kota penerima ESC Award adalah kota yang mampu mewujudkan 3 hal tersebut dengan baik. 

Certificate of recognition untuk kota besar berhasil dimenagkan oleh kota – kota lain di Indonesia. Makassar meraih penghargaan udara bersih, Banjarmasin meraih untuk kategori udara bersih, dan Palembang meraih penghargaan dalam hal kebersihan. Atas keberhasilannya mendapatkan ESC Award 2011, Surabaya akan mendapat bantuan dari japan ASEAN Integration Fund ( JAIF ). Bantuan tersebut diberikan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dan masyarakat dalam mengelolah sampah.

 

0 komentar:

Posting Komentar