RSS

Pages

Resensi : Novel pocong juga pocong

POCONGGG JUGA POCONG

Judul                        :  Poconggg Juga Pocong  ( PJP )       
Penulis                     :  @ Poconggg 
Penerbit                   :  Bukune
Jumlah Halaman       :  200 halaman
Jenis Cover              :  Soft Cover 
Kategori                   :  Novel Komedi
Bahasa                     :  Indonesia 
Tahun Terbit            :  2011

         Buat kalian semua yang pecinta jejaringan social pasti tidak asing lagi dengan yang namanya twitter. Ada salah satu akun twitter yang terkenal sekali dan pasti kalian sudah tahu semua kan dengan akun yang satu ini. Yaa, akun tersebut bernama @poconggg. Sebelum-sebelumnya akun ini tidak jelas siapa pemiliknya tetapi beberapa bulan terakhir identitas si pemilik sudah terungkap dan pemiliknya bernama Arief Muhammad. Akun twitter ini memang sangat menghebohkan masyarakat Indonesia terutama para remaja, buktinya saja dia bisa mempunyai banyak follower yang mencapai ratusan ribu dan herannya dia tidak memfollow satu orang pun di twitter. 
@Poconggg mungkin memang punya keunikan tersendiri dengan tweet nya yang selalu lucu dan menghibur orang lain. Akhirnya dia menerbitkan buku tahun 2011 ini. Buku setebal 200 halaman ini diterbitkan oleh bukune dan dikemas sangat apik. Buku itu diberi judul poconggg juga pocong. Buku ini adalah debut pertamanya sebagai penulis. Awalnya @poconggg bukanlah seorang penulis, melainkan hanyalah seorang penulis dadakan karena banyaknya minat dari para followernya di dunia maya. Namun kualitas tulisan dari buku ini patut kita acungi jempol. Tidak bisa diragukan lagi. Oh iya, novel ini sudah menjadi novel best seller lho menurut salah satu toko buku ternama di Negara kita.

Sosok fenomenal yang seharusnya ditakuti ini akan membuat pembacanya tersenyum simpul serta tertawa lewat tulisannya. Novel ini dipisahkan menjadi beberapa bab. Bab demi bab disuguhkan dengan bahasa dan isi yang kocak. Sebelum membahas buku ini secara dalam, saya akan menceritakan sinopsis dari novel ini secara singkat. Check this out !!!

            Poconggg tidak seperti pocong-pocong kebanyakan. Sebagai pocong pendatang baru, Poconggg dianggap sebagai pocong cupu karena penakut dan -yang paling memalukan- Poconggg merupakan satu-satunya pocong yang tidak mampu menakuti manusia dan malah takut dengan sesama hantu. Anjau (pocong senior) dan 4 anggota geng pocong sering mengintimidasi Poconggg dan membuat hari-hari Poconggg tidak berjalan lancar. Untungnya, ada si Kunti, kuntilanak paling cantik dan gaul, satu-satunya hantu yang membantu Poconggg beradaptasi dan akhirnya menjadi sahabatnya. Lebih dari itu, Kunti juga menjadi sosok hantu yang selalu menjadi tempat Poconggg berkeluh kesah ketika ia sedang diusili Anjau atau sedang galau karena Sheila.

Sheila, perempuan yang paling Poconggg sayang. Sayangnya, hubungan pertemanan -yang akhirnya berkembang menjadi rasa suka, harus berakhir tragis. Poconggg belum sempat menyatakan perasaannya. Poconggg berupaya menyampaikannya, tetapi dunia yang berbeda membuat segalanya tidak mudah. Untungnya, Poconggg tidak sendirian, ada Kunti yang senantiasa membantunya. Ada Kunti yang menjadi tong sampah Poconggg ketika ia galau melihat Adit, senior Sheila di kampus yang mulai melakukan pendekatan ke Sheila. Kepribadian Poconggg yang penakut membuat semuanya menjadi rumit. Anjau yang usil. Kunti yang baik tapi galak. Dunia Poconggg dan Sheila yang sudah sangat berbeda. Semuanya itu telah membuat Poconggg galau.

Itulah isi dari novel poconggg juga pocong (PJP) secara garis besar. Dilihat dari gambar cover aja sudah bisa kita simpulkan kalau novel ini termasuk jenis novel komedi. Bagi pencinta novel komedi, mungkin akan menyukai gaya penulisannya. Terlihat polos dan tidak dibuat-buat serta mudah dipahami oleh semua kalangan. Meski begitu sangat disayangkan buku ini lebih sedikit isinya atau tipis jika dibanding novel-novel komedi lainnya yang mungkin agak tebal-tebal sehingga beberapa pembaca beranggapan kalau buku ini lebih cocok disebut buku cerita pendek. Secara keseluruhan novel ini bercerita tentang kehidupan seikat pocong dan isinyaitu benar-benar cerita fiksi. Tidak masuk akal.

Novel PJP ini sangat menarik, kocak dan jenaka sehingga berbeda dengan novel-novel pada umumnya, cocok buat para galauers atau para penggalau yang tiap malam sering pada galau, baca buku ini aja dijamin galau nya hilang hahahah.

Nah, novel PJP ini berhasil di angkat menjadi film lho karena saking banyaknya peminat novel ini hehehe. Poconggg juga pocong the movie. Versi novel dan versi film tidak jauh beda. Kalau masalah isinya, menurut saya versi novelnya lebih kocak daripada versi filmnya tetapi versi filmnya tidak kalah kocak kok. Bagi yang penasaran, ayo bururan lihat filmnya *sedikit promosi* hahahah :)).



                       






0 komentar:

Poskan Komentar