RSS

Pages

Resensi Biografi


Steve Jobs, Sang Legenda Apple.

            Awal bulan oktober tahun ini, dunia sedang berduka atas meninggalnya sang legenda IT. Steve Jobs, pendiri dan mantan CEO Apple Inc. Tak lama setelah meninggalnya sang legenda, sebuah buku biografi telah diluncurkan oleh Bentang Pustaka . Buku setebal 700 halaman itu ditulis oleh Walter Isaacson. Ia adalah seorang wartawan yang pernah memimpin CNN dan juga pernah menjabat sebagai manajer editor Majalah Time. Buku itu ditulis oleh Isaacson tanpa campur tangan jobs. 


            Buku yang diterbitkan bulan oktober ini berisi perjuangan hidup seorang Steve Jobs, tentu banyak sekali ilmu yang dapat kalian ambil dari buku ini. Selanjutnya saya akan sedikit meringkas mengenai isi buku tersebut. Kalian mau tau ? check it out !!!

            Steven Paul Jobs lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955 adalah pemimpin perusahaan Apple Computer bersama Steve Wozniak dan tokoh utama di industri komputer. Sebagai pendiri (dengan Steve Wozniak) Apple Computer di tahun 1976, ia mempopulerkan konsep komputer di rumah tangga dengan Apple II. Beliau melewati masa SMP dan SMU di Curpetino, Califonia, seringkali setelah jam sekolah mengajar di Hewlett Packard Company di Palo Alto, California. Maka tak heran segera setelah itu ia dan Steve Wozniak segera menjadi pekerja paruh waktu di perusahaan ini. Di tahun 1972, Jobs lulus dari SMA Homestead di Cupertino, California dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tapi dikeluarkan/ drop out setelah satu semester. Tapi ia segera mendaftar ke Reed College, salah satu hal yang dipelajari di sini kaligrafi.
            Di tahun 1976, Jobs, usia 21, dan Wozniak, 26, mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang diperkenalkan Jobs and Wozniak diberi name Apple I. Di tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II, yang menjadi sukses besar di pasaran rumah tangga dan memberi Apple pengaruh besar di industri komputer pribadi yang masih muda. Di tahun 1980, Apple Computer mencatatkan namanya di bursa efek, dan dengan penawaran saham awal yang sukses, ketenaran Jobs bertambah. Tahun itu juga, Apple Computer melepas Apple III, walaupun kesuksesannya tidak sebaik sebelumnya.


            Tahun 1984 menjadi tahun pengenalan Macintosh, komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis. Pengembangan Mac dicetuskan oleh Jef Raskin dan tim tersebut menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan bukan oleh Apple, seperti di Xerox's PARC, tetapi belum sempat dikomersialkan. Kesuksesan Macintosh membuat Apple menelantarkan Apple II demi mengembangkan produksi Mac, yang bertahan sampai saat ini. Di tahun 1996, Apple membeli NeXT, dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Di tahun 1997 ia menjadi pemimpin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio.
            Di tahun 1986 Jobs mendirikan (bersama Edwin Catmull) Pixar, sebuah studio animasi komputer di Emeryville, California. Perusahaan itu didirikan dari apa yang dahulunya divisi grafik komputer milik Lucasfilm, yang Jobs beli dari pendirinya, George Lucas, sebesar AS$10 juta. Satu dekade kemudian, Pixar berkembang menjadi terkenal dan berhasil dengan film terobosannya Toy Story. Sejak saat itu Pixar sudah membuahkan film-film yang memenangkan Academy Award yaitu Finding Nemo dan The Incredibles. Karena kepemimpinannya di Pixar dan juga kemapanannya di Apple, Jobs dianggap oleh banyak pengamat industri hiburan salah satu calon pengganti Michael Eisner sebagai pemimpin dari The Walt Disney Company, yang mendistribusikan dan mendanai film-film buatan Pixar.
Pada tanggal 25 agustus 2011, Pendiri sekaligus presiden (CEO) Apple Inc,, Steven Paul Jobs akhirnya resmi memutuskan untuk mengundurkan diri. Tetapi dirinya masih dikenang oleh masyarakat dunia karena karya - karyanya. Mulai tahun 1976 ia mengeluarkan Apples l. Karya - karyanya terus berkembang sampai terakhir tahun 2010 ia mengeluarkan iPad yang sempat menghebohkan dunia.
Saya akan mengambil poin-poin penting yang ada dalam diri steve job, yaitu :
1. Perfeksionis Murni
                 Jobs seorang perfeksionis murni, dia bukan saja berharap kesempurnaan itu datang dari dirinya, tapi juga orang orang lain yang bekerja untuknya. Dan dia tidak pernah berkompromi tentang itu. Dalam melemparkan kritik, dia tidak pernah berpikir tentang cara mengkritik yang bisa diterima orang. Dia bisa meledak ledak, berteriak, mengumpat jika menemui bahwa pekerjaan orang lain tidak sesuai dengan standar kesempurnaannya.
             2. Produk yang hebat adalah gabungan seni dan teknologi.
Jobs menyukai seni, dan teknologi sekaligus. Dia bisa menggabungkan kedua hal itu dalam 1 produk. Produk teknologi lain mungkin dengan sengaja lebih mengorbankan aspek seninya. Prinsip ini tidak hanya untuk produk Apple, film-film keluaran Pixar (perusahaan film animasi miliknya) juga memadukan seni dan teknologi. Toy Story, A Bugs Life, Monster Inc., Finding Nemo, Cars, adalah beberapa film keluaran Pixar yg sukses berat di pasaran. Film film itu bukan hanya indah secara grafis saja, tapi juga script dan jalan ceritanya tak kalah bagus.
             3. Produk yang hebat adalah yang sederhana.
Sederhanakan!!! itu prinsip utama yang selalu ditiupkan ke dalam ruh semua produknya. Produk yang rumit tidak akan pernah menjadi hebat.Sederhana juga menjadi nafas Jobs dalam kehidupan pribadinya. ‘Seragam’ hitam turtle neck kebesarannya adalah contoh kesederhanaan itu, meski bukan ‘sederhana’ yang sesungguhnya, krn kaos itu adalah rancangan Issey Miyake, perancang kondang asal Jepang yang rancangannya disukai Jobs.

            yap, itulah sekilas mengenai Steve Jobs. Semoga kalian bisa terinspirasi dari seorang kehidupan Steve Jobs.


1 komentar:

Miliana mengatakan...

nice info makasih yah kak

jual casing sosis

Posting Komentar