RSS

Pages

PATRIOT

Pemimpin yang PATRIOT

 
Sebelum membahas topik ini lebih dalam. Kalian sudah pada tahu belum apa itu PATRIOT.  Apa sih PATRIOT itu ? yup, PATRIOT adalah sebuah singkatan dari Prestatif, Aktif, Tanggap, kRItis, visiOner, Tanggung jawab. Seorang pemimpin harus mempunyai jiwa yang satu ini. Kenapa kok begitu ? ya, Menurut saya, pada dasarnya setiap manusia adalah seorang pemimpin minimal pemimpin bagi dirinya sendiri. Pemimpin harus memiliki tanggung jawab dalam menjamin bahwa orang lain yang dipimpinnya berjalan menuju arah dan cita-cita bersama. Arah dan cita-cita inilah yang selalu menjadi acuan dalam dirinya membuat suatu kebijakan dan keputusan. Disini saya akan menjelaskan satu-satu mengenai PATRIOT itu sendiri.
Pertama, pemimpin harus bersifat visiOner. Pemimpin yang visioner adalah pemimpin yang akan melihat lebih mendalam dan dalam menyelesaikan suatu masalah dengan cara yang efektif , efisien dan kreatif. Bukan sekadar solusi yang hanya menyelesaikan permasalahan pada apa yang sudah terlihat. Kedua, pemimpin harus bisa berpikir kRItis
Berpikir kritis adalah cara berpikir mengenai subjek, isi, dan masalah apapun di mana manusia yang berpikir selalu meningkatkan kualitas apa yang dipikirnya dan harus selalu dikembangkan dari hari ke hari. Ketiga, pemimpin harus mempunyai sifat Tanggung jawab. Salah satu bukti pemimpin yang bertanggung jawab adalah berani mengambil keputusan dan juga tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan yang terjadi. Seseorang yang bertanggung jawab adalah jika terjadi kesalahan maka dia memiliki upaya untuk menyelesaikan masalah tersebut sampai tuntas dan dapat dikatakan berhasil menjadi pemimpin jika ia melakukan tindakan positif.
 Keempat, pemimpin harus senantiasa memiliki karakter yang Prestatif. Menurut pengertiannya, prestatif yaitu selalu berambisi ingin menjadi yang lebih maju, lebih berprestasi dalam kehidupan sehari-hari. Kerja cerdas juga merupakan ciri-ciri orang yang prestatif. Kerja cerdas adalah pandai memperhitungkan resiko, mampu melihat peluang, bisa mengorganisir dan dapat mencari solusi dalam setiap kejadian atau masalah. Kelima, pemimpin harus Aktif dan Tanggap dalam segala hal. Salah satunya adalah aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, dan memimpin suatu kegiatan untuk mencapai tujuan bersama-sama. Selain itu, harus bisa berkomunikasi secara efektif dan juga aktif ingin tahu terhadap segala sesuatu serta harus tanggap dalam segala sesuatu. Salah satunya adalah tanggap memutuskan, cepat bertindak. Selepas dari itu semua pemimpin yang ideal yaitu pemimpin yang pengetahuan umum yang luas.
Nah, itulah sedikit ulasan mengenai PATRIOT itu sendiri. Jika kalian kelak menjadi seorang pemimpin, jangan lupa menerapkan PATRIOT yaa. Semoga ini dapat bermanfaat bagi kalian semua J. Thank you ^.^

0 komentar:

Posting Komentar