RSS

Pages

Pendidikan...

Pendidikan ? penting nggak sih ?



            Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pendidikan ada baiknya kita mengetahui apa arti dari kata pendidikan itu sendiri. Sebenarnya pendidikan memiliki banyak arti tapi disini saya akan menjelaskan sedikit saja. 1. Pendidikan adalah usaha untuk memanusiakan manusia 2. Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh sekumpulan orang/manusia untuk memperoleh pengetahuan.
Pendidikan sangat berkaitan erat dengan kehidupan manusia, mulai dari kita kecil kita mendapat pendidikan dari orang tua dan saat kita sudah menginjak usia anak-anak kita mendapat pendidikan dari lembaga yang bernama "sekolah". Pendidikan juga memegang unsur penting untuk membentuk pola pikir, akhlak dan norma. Mengapa pendidikan itu penting? Jawabannya mudah saja, untuk kita menjalani hidup.
Coba kalian bayangkan jika kalian hidup didunia ini tanpa pendidikan?? Banyak orang yang berpendapat bahwa pendidikan hanyalah untuk dapat memperoleh pekerjaan, jawaban itu adalah alasan paling banyak diungkapakan orang ketika mereka ditanya mengapa pendidikan itu penting. Saya disini akan menguraikan lebih detail mengapa pendidikan itu penting.

Pertama, orang-orang yang berpendidikan lebih bermanfaat buat masyarakat dibandingkan dengan orang-orang yang tidak berpendidikan. Orang berilmu bisa menjadi guru, dosen, dokter, bidan atau pegawai-pegawai kantoran baik negeri maupun swasta. Mereka adalah orang-orang yang dibutuhkan masyarakat. Sekalipun dari segi materi mereka tidak berlebihan, tapi kontribusinya terhadap orang banyak tak diragukan lagi.
Kedua, kesuksesan hidup seseorang tidak selamanya diukur dari banyaknya materi yang bisa ia kumpulkan. Untuk apa banyak harta tapi dijauhi manusia lain, atau kehadirannya tidak dirasakan bermanfaat buat orang lain. Paling-paling berguna hanya untuk keluarga dan kawan-kawan terdekat saja. Sementara masyarakat tidak bisa merasakan manfaat dari kekayaan dan kesuksesan orang tersebut. Sementara orang berilmu, meski sederhana tapi banyak yang mendapat posisi terhormat dan mulia.



Ketiga, kalaupun tidak kaya orang-orang berilmu biasanya tidak hidup melarat. Meski ilmu pengetahuan tidak selalu bisa mendatangkan materi yang berlimpah. Namun orang-orang yang berpendidikan selalu mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam hidupnya. Hal itu karena mereka selalu dicari dan dibutuhkan manusia lain, sehingga sebagai kompensasi mereka mendapatkan banyak bantuan dan pertolongan.
Itulah pendapat saya mengenai seberapa pentingnya sih pendidikan itu. Kalau bagi kalian pendidikan itu penting ayoo raih itu setinggi-tingginya heheheheh.

1 komentar:

Miliana mengatakan...

bagus sekali untuk dibaca kak

resep ayam betutu sederhana

Posting Komentar